TUGAS : Sistem Distribusi

Tugas 




SISTEM DISTRIBUSI



DI SUSUN OLEH:

AZLIN APRIANTO
E1D1 15 005


JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS HALU OLEO
KENDARI
2019













  1.       Apa yang di maksud dengan transformator distribusi
Jawab:  Transformator distribusi yaitu trafo yang mana berfungsi dan digunakan dalam mendistribusikan energi listrik, dari mulai pembangkit listrik  untuk menuju perumahan maupun lokasi industri. Umumnya, transformator atau trafo distribusi ini mendistribusikan energi listrik dalam tegangan rendah yang kurang dari 33 kilo Volt guna kebutuhan rumah tangga maupun untuk industri yang berada dalam kisaran tegangan 220V sampai dengan 440V.(rumus.web.id)

  2.   Gambar rangkaian ekuivalen transformator yang berbeban dan tidak berbeban
Jawab:

Gambar 1 Rangkaian Ekivalen Transformator Dalam Keadaan Tanpa

                 

Gambar 2  Rangkaian Ekivalen Transformator Dalam Keadaan Berbeban


  3.  Sebutkan dan jelaskan bagian bagian transformator
Jawab: 1. Inti Besi
Berfungsi untuk mempermudah jalan fluksi, yang ditimbulkan oleh arus listrik yang melalui kumparan. Dibuat dari lempengan-lempengan besi tipis yang berisolasi, untuk mengurangi panas (sebagai rugi-rugi besi).
2. Kumparan Trafo
Adalah beberapa lilitan kawat berisolasi yang membentuk suatu kumparan. Kumparan tersebut terdiri dari kumparan primer dan kumparan sekunder yang diisolasi baik, Kumparan tersebut sebagai alat transformasi tegangan dan arus.
3. Minyak Trafo
Berfungsi sebagai bahan isolasi dan media pendingin dari transformator.
4. Bushing
Hubungan antara kumparan trafo ke jaringan luar melalui sebuah bushing yaitu sebuah konduktor yang diselubungi oleh isolator, yang sekaligus berfungsi sebagai penyekat antara konduktor tersebut dengan tangki trafo.
5. Tangki Konservator
Berfungsi untuk menampung minyak cadangan dan uap/udara akibat pemanasan trafo karena arus beban. dimana di situ dipasang silica gel, untuk menyerap kelembapan udara.
6. Komponen Pendukung
Ada beberapa komponen pendukung yang ada pada transformator seperti relay buchol, pressure relief valve untuk pengaman, juga ada komponen indikasi seperti thermometer untuk temperature gauge trafo, juga level sensor untuk ketinggian oli. Ada juga Tap Changer berfungsi sebagai perubah perbandingan transformator untuk mendapatkan tegangan operasi sekunder sesuai yang diinginkan dari tegangan jaringan/primer yang berubah-ubah. Tap changer dapat dilakukan baik dalam keadaan berbeban (on-load) atau dalam keadaan tak berbeban (off load), dilengkapi juga dengan drain valve (untuk pergantian oli), lifting lug (untuk pengangkatan pada waktu instalasi) dan juga sistem pendingin seperti ONAN (oil natural, air natural), ONAF (oil natural air forced), ODAF (oil directed air forced), OFAF (oil forced air forced) dan OFWF (oil forced water forced) dan masih banyak lagi tergantung sistem pendinginnya.


  4.  Sebutkan alat proteksi yang ada pada gardu distribusi
Jawab:
1.       Lightning Arrester
2.       Pemisah (PMS)
3.       Pemutus tenaga (PMT)
4.       Rele proteksi dan panel control
5.       Lemari hubung (cubicle)
6.       Saklar pentanahan
7.       Konpensator
  5. Gambar dan jelaskan masing masing peralatan tersebut
Jawab:
1.       Lightning Arrester, adalah alat proteksi bagi peralatan listrik terhadap tegangan lebih yang disebabkan oleh petir atau surja hubung.



2.       Pemisah (PMS), adalah sebuah alat yang digunakan untuk menyatakan bahwa suatu peralatan listrik sudah bebas dari tagangan kerja. Oleh karena itu pemisah tidak diperbolehkan untuk dimasukkan atau dikeluarkan pada saat rangkaian listrik dalam keadaan berbeban

3.       Pemutus tenaga (PMT), adalah peralatan sistem tenaga yang berfungsi untuk memutuskan hubungan antara sisi sumber tenaga listrik dan sisi beban yang dapat bekerja secara otomatis ketika terjadi gangguan atau secara manual ketika dilakukan perawatan atau perbaikan.

4.       Rele proteksi dan panel control, Rele proteksi yaitu alat yang bekerja secara otomatis untuk mengamankan suatu peralatan listrik saat terjadi gangguan, menghindari atau mengurangi terjadinya kerusakan peralatan akibat gangguan dan membatasi daerah yang terganggu sekecil mungkin
Panel kontrol merupakan pusat syaraf bagi suatu gardu induk

5.       Lemari hubung (cubicle) , terbuat untuk kelas 3-30 kV dan dipakai untuk pusat beban atau pusat daya (power centre)

6.       Saklar pentanahan, Sakelar ini untuk menghubungkan kawat konduktor dengan tanah / bumi yang berfungsi untuk menghilangkan/mentanahkan tegangan induksi pada konduktor pada saat akan dilakukan perawatan atau pengisolasian suatu sistem
7.       Konpensator, Kompensator didalam sistem Penyaluran tenaga Listrik disebut pula alat pengubah fasa yang dipakai untuk mengatur jatuh tegangan pada saluran transmisi atau transformator, dengan mengatur daya reaktif atau dapat pula dipakai untuk menurunkan rugi daya dengan memperbaiki faktor daya

  6.  Apa yang dimaksud dengan disconnection switch (DS), arrester, fuse pada gardu distribusi
Jawab:  Dissconnection switch adalah saklar pemutus yang didesain tidak bisa terbuka pada saat arus beban yang melewatinya masih ada.Biasanya disconnecting switch dipasang untuk mengisolasi peralatan–peralatan yang mungkin tersupply daya besar. Disconnecting switch biasanya dilengkapi dengan peringatan visual untuk keamanan para pekerja, dengan kata lain pada saat keadaan saklar terbuka atau tidak ada arus beban yang mengalir maka visual sign akan menyala untuk memberitahukan keadaan aman dan sebaliknya. Disconnecting switch harus benar – benar tertutup untuk mencegah kemungkinan munculnya bunga api antara pisau penghubung dengan klip penjepitnya, yang jika terjadi hal – hal tesebut akan membahayakan operator.

Arrester adalah suatu alat untuk melindungi isolasi atau peralatam listrik terhadap tegangan lebih yang diakibatkan oleh sambaran petir atau tegangan transient yang tinggi dari suatu penyambungan atau pemutusan rangkaian (sirkuit), dengan jalan mengalirkan arus denyut (Surge Current) ketanah serta membatasi berlangsungnya arus ikutan (Follow Current) serta mengembalikan keadaan jaringan ke keadaan semula tanpa mengganggu system
Fuse/Fuse cut out (sekring) adalah suatu alat pengaman yang melindungi jaringan terhadap arus beban lebih (over load current) yang mengalir melebihi dari batas maksimum, yang disebabkan karena hubung singkat (short circuit) atau beban lebih (over load).
  7.       Sebutkan dan jelaskan jenis penghantar pada tegangan menengah (JTM)
Jawab:  Penghantar Telanjang (BC : Bare Conductor), Konduktor dengan bahan utama tembaga(Cu) atau alluminium (Al) yang di pilin bulat padat , sesuai SPLN 42 -10 : 1986 dan SPLN 74 : 1987. Pilihan konduktor penghantar telanjang yang memenuhi pada dekade ini adalah AAC atau AAAC. Sebagai akibat tingginya harga tembaga dunia, saat ini belum memungkinkan penggunaan penghantar berbahan tembaga sebagai pilihan yang baik.
Penghantar Berisolasi Setengah AAAC-S (half insulated single core), Konduktor dengan bahan utama aluminium ini diisolasi dengan material XLPE (croslink polyetilene langsung), dengan batas tegangan 6 kV dan harus memenuhi SPLN No 43-5-6 tahun 1995
Penghantar Berisolasi Penuh (Three single core), XLPE dan berselubung PVC berpenggantung penghantar baja dengan tegangan Pengenal 12/20 (24) kV Penghantar jenis ini khusus digunakan untuk SKUTM dan berisolasi penuh. SPLN 43-5-2:1995-kabel            

  8.  Sebutkan dan jelaskan jenis penghantar pada tegangan rendah (JTR)
Jawab: a. Saluran Udara Tegangan Rendah (SUTR)
SUTR merupakan jaringan kawat yang berisolasi maupun tidak berisolasi. Bagian utama dari SUTR kawat tak berisolasi adalah tiang listrik (besi, beton), Cross Arm, Isolator dan penghantar Aluminium / Tembaga (Cu)
b. Saluran Kabel Udara Tegangan Rendah (SKUTR)
Kabel yang digunakan adalah jenis XLPE yang lebih dikenal dengan nama LVTC ( Low Voltage Twisted Cable). Jenis kabel ini direntangkan di antara tiang penyangga. Bagian utama adalah tiang, kabel dan suspension Clamp Bracket, yang berfungsi untuk menahan kabel pada tiang. Kabel jenis ini sekarang banyak digunakan dalam pemasangan JTR baru karena dianggap kontruksi jenis ini lebih handal.















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah SCADA